Stres..Jangan sampai deh!!

2

Assalamualaikum Wr. Wb
Apa kabar Wargi Sadaya? semoga selalu sehat dan terus ngeblog ya!!
kali ini saya akan membahas tentang Stres, lho kenapa ya tiba-tiba saya jadi ngomongin ini. ceritanya bermula dari seorang teman dulu yang tiba-tiba menyerang pedagang yang sedang mangkal di depan rumahnya, Tanpa sebab dia langsung menyerang pedagang itu. Banyak orang menganggapnya jadi orang stres. Wah kasihan juga ya!!
Oke deh langsung aja saya bahas tentang stres :
Asal Usul Stres
Steres berasal dari Tiga sumber penting, Yaitu :

  1. FISIK. Seseorang dapat merasa tres karena kesakitan atau kecelakaan pada anggota tubuhnya. Hal ini juga bisa disebabkan oleh kekurangan olah raga atau sebaliknya terlalu banyak olah raga.
  2. PSIKOLOGI. Stres yang sering dirasakan oleh kabanyakan orang apabila ia diberi kesempatan untuk berbicara di khalayak ramai, tiba-tiba ia merasa sakit perut, kepala pusing atau selalu ingin ke kamar kecil.
  3. SOSIAL. Stres yang diakibatkan oleh masalah-masalah sosial, contohnya kemacetan lalu lintas, pekerjaan yang menumpuk, persaingan hebat, pencemaran udara, dan suara bising, masalah penagihan hutang serta rasa kurang aman di kota dan lain sebagainya.
Kita harus mengakui bahwa stres itu ada di semua pelosok dunia, dan kita tidak bisa lari dari stres. Warg harus mengetahui asal dan usul  stres dan mencoba untuk mengendalikannya, kalu tidak bisa mengendalikan stres siap-siap saja wargi di bawa keluarga ke RSJ, uhh jangan sampai deh.
 Cara-cara mengendalikan Stres.
saya akan usulkan sebuah rumus Anti-Stres.Jika Wargi sedang merisaukan sesuatu yang menyebabkan wargi stres sehingga tidak bisa tidur dengan nyenyak, keluarkanlah pena dan sehelai kertas dan gunakan rumus ini :
  • Langkah 1 : Mengetahui dengan pasti asal dari stres itu.
  • Langkah 2 : Menuliskan asal-usul kerisauan yang mengganggu.
  • Langkah 3 : Menuliskan kondisi paling buruk yang mungkin terjadi.
  • Langkah 4 : Jika kondisi itu terjadi, harus bisa menerima kenyataan tersebut.
  • Langkah 5 : Membuat tindakan untuk memperbaiki kondisi itu.
Selain itu, disini juga ada beberapa cara yang dapat membantu wargi dalam mengurangi stres yang membebani wargi :
  1. Menarik nafas dan menggerakan kaki dan tangan wargi setiap pagi.
  2. berolah-raga. Lakukan olah raga yang wargi sukai.
  3. Mandi air panas atau sauna.
  4. urut / Pijat.
  5. Meditasi.
  6. Berpikir atau merenung di waktu malam, tapi jangan mengkhayal yang engga-engga.
  7. Semedi.
segitu saja yang dapat saya sampaikan pada Wargi Sadaya, semoga dapat membantu dalam mengurangi rasa stres yang hinggap di diri wargi, semoga juga stresnya jangan sampai keterusan kayak teman saya. :D.