Smile alias Senyum

1

Assalamualaikum Wr.Wb.

Smile,an everlasting smile
A smile can bring you near to me..

Syair diatas saya ambil dari lagu hits jadul yang pernah di-recyle boysband Boyzone akhir tahun 90-an.bagi sobat yang belum tahu sama Boysband yang satu itu, ga usah repot-repot pengen cari tahu, Tenang gak bakalan keluar di ulangan ,ko! Lagian kita juga nggak bakalan ngebahas tentang mereka, so tetap focus aja baca tulisan ini ya.

Ya seperti judul di atas kali ini kita akan membahas tentang senyum. Bukan cuma model iklan pasta gigi aja yang bisa senyum menawan, kitapun bisa memiliki senyum kemilau, cling!. Kenapa setiap senyuman tampak menarik? Tak lain dan tak bukan karena perlambang yang mewakili senyuman itu. senyuman melambangkan keramahan, ketulusan, juga persahabatan.
Apa benar demikian? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, senyum adalah " serak tawa ekspresif yang tidak bersuara untung menunjukan rasa senang,  gembira, suka, dan lain sebagainya dengan mengembangkan bibir sedikit". Nah, siapa sih orang yang ga suka di senangi? Tapi tunggu dulu menurut kamus besar Bahasa Indonesia terdapat beberapa senyuman yang artinya bisa berlawanan satu sama lain. Ni dia katanya :

  • Senyum buaya artinya senyum palsu, senyum yang bermaksud jahat.
  • Senyum hampa artinya senyum yang lahir dari dari rasa (hati) kecewa dan lain sebagainya. Istilah lainnya adalah senyum kecut dan senyum tawar.
  • Senyum kambing artinya senyum mengejek, senyum mencemoohkan, istilah lainnya adalah senyum kering.
  • senyum kucing artinya senyum yang mengandung muslihat (bermaksud menipu)
  • Senyum manis artimya senyum menarik hati dan menimbulkan rasa gembira bagi yang melihatnya.
  • Senyum mesra artinya senyum yang menunjukan rasa kemesraan.
  • senyum raja artimya senyum yang dibuat-buat tidak keluar dari hati.
  • senyum simpul artinya senyuman yang menunjukan kesenangan,kesayangan, dan kegembiraan hati , tersenyum sedikit.
wuih banyak macamnya juga ya senyum itu, kalau sobat biasa pakai senyum apa? terlepas dari macam-macam senyum di atas, senyuman bisa menjadi modal kesuksesan dalam pergaulan, baik si sekolah, ekskul, ataupin tempat gaul lainnya.. senyum ibarat pakaian yang harus dipakai di bibir seseorang yang berfungsi sosial untuk membangun citra baik di depan publik. Nah, lho!

sebagai tambahan, awali pagi hari sobat dengan senyuman, dijamin, sisa hari sobat bakalan lebih indah.Percaya ga? Senyuman di pagi hari akan membuat sobat jadi lebih bersemangat untuk menjalankan aktivitas-aktivitas sobat hari itu. kalau semua pekerjaan yang harus sobat lakukan dapat diselesaikan dengan baik, tentu bukan hanya sobat yang ngerasa plong. Orang-orang yang berhubungan dengan apa yang sobat kerjakan pun ikut menjadi plong.

Lebih dari itu sebuah hadis menyatakan bahwa senyum itu adalah ibadah. Subhanallah! kalau pengen dapet pahala, gak mesti susah-susah kok, senyum kepada orangtua. temen, guru, bahkan pada orang yang belum kita kenal sekalipun bisa mendatangkan pahala. Tentunya harus lihat situasi dulu yah! Jangan sampai kita niatnya ibadah, eh orang lain yang kita beri senyum malahan nganggap kita Gila. 

Yah jadi inget warkop :" Senyumlah sebelum Senyum itu dilarang" Maksa!!