Seberapa Pemaafkah Sobat?

0

Penasaran pengen tau seberapa pemaafkah sobat? Jawab pertanyaan berikut dengan milih point yang sobat banget, tapi jawabnya harus dengan kata hati sobat ya.
1.     Sobat lagi masuk ke angkot, tanpa sengaja sobat nginjak kaki salah seorang penumpang yang duduk dekat pintu. Yang sobat lakukan adalah?
A.    Cuek bebek siapa suruh duduk dekat pintu, ngalangin jalan masuk orang kan?
B.     Ups! Sobat buru – buru lihat si empunya kaki buat munta maaf. Tapi dianya ngga ada reaksi selain ngegeser  kakinya, ya udah ga di perpanjang.
C.     You feel so bad dan langsung minta maaf kepada yang bersangkutan.
2.     Sobat lupa kalau Sabtu ini (bareng temen sekelas) kalian musti nengok temen yang lagi diopname. Pas di SMS kamu baru inget. Jadwal berangkat jadi molor gara –gara sobat telat dating. Yang pertama sobat katakana saat tiba di tempat kalian janjian ngumpul ?
A.    Hey!dah lama nunggunya?
B.     Sorry telat. Jalanan macet uy!
C.     Aduh, sorry banget ya ? biaya transport biar saya yang bayarin deh buat nebus kekesalan kalian, ok?
3.     Waktu mau ke ruang guru, kamu berpapasan dengan senior yang jadi tatib saat MOS kemaren. Sikap yang kamu ambil adalah?
A.    Pasang muka badak seolah sobat nggak ngeliat si senior. Sobat nggak bisa lupa gimana dia ngebentak sobat gara – gara nggak bawa tugas.
B.     Nyapa sekedar basa basi. Siapa tahu dia bisa ngenali ke senior yang sobat kecengin.
C.     Senyum dan nanyain gimana kabarnya.
4.     Saat makan di kantin dengan temen kalian becanda sampai lepas control. Tanpa disadari, candaan temen sobat nyinggung perasaan sobat, kamu bakalan …
A.    Nyolot dong!
B.     Coba kalo bukantemen deket.
C.     Itu kan becandaan. Saya maafin deh!
5.     Sepulang solat Idul Fitri yang sobat lakukan adalah
A.    Pamerai baju baru
B.     Pergi ke rumah sodar siapa tahu dapet THR
C.     Sungkeman, mohon maaf lahir batin ke mama, papa serta saudara dan tetangga yang lain.
6.     Saat silaturahmi lebaran, sobat ketemu sama musuh lama yang sobat lakukan ?
A.    Biar lebaran, tada maaf bagimu
B.     Suasana jadi kagok. Karena dia minta maaf duluan kamu juga maafin
C.     Yang lewat biarin lewat. Sekarang kan lebaran. Waktunya saling memafkan lahir dan batin.

Sudah yakin dengan jawaban sobat ? sekarang coba hitung poin mana yang paling banyak sobat pilih, apakah a, b, atau c. 
Jika jawaban sobat didominasi oleh poin A, sobat adalah Miss/Mr. Egois. Sobat itu tipe orang yang susah banget minta maupun ngasih maaf, ogah di salahin, juga lebih seneng ninggalin kewajiban, dalam hal ini minta maaf. Ati-ati lho, walau terkadang kita tidak bermaksud sombong, orang-orang dah tau duluan ngecap sombong karena habit yang nggak baik tersebut diatas. Buruan perbaiki diri ya! 
Jika jawaban sobat didominasi poin B, sobat adalah Miss/Mr. Angin-Anginan. Sobat itu tipe orang yang gampang-gampang susah minta dan ngasih maaf. Di atu saat, sobat gampang maafin orang karena ada maunya, disaat lain sobat nggak bakalan maafin orang yang punya kesalahan walaupun udah lama. Bagi sobat maaf harus diucapkan kalau tidak mau orang lain salah menanggapi maaf kita. Lain kali kudu lebih ikhlas maafinnya ya! 
Jika jawaban sobat didominasi poin C, sobat adalah Miss/Mr. Tulus. Sobat itu tipe orang yang gampang minta dan ngsih maaf. Walau sobat ga salah, sobat juga suka berinisiatif minta maaf, yang ditunjukan baik dengan bahasa verbal maupun non verbal., pertahankan ya!.