7 Kebiasaan Yang Mempercepat Penuaan Kulit

0


Penuaan kulit kerap ditentukan oleh kesehatan dan gaya hidup yang Sobat lakukan setiap hari. Membuat pilihan yang tidak cepat akan menyebabkan penuaan kulit datang lebih awal dan ini akan membuat Sobat lebih cepat terlihat tua. Bagian penting dari setiap program perawatan anti-penuaan kulit adalah untuk mengetahui apakah yang Sobat lakukan akan merugikan kulit dan mempercepat proses penuaan kulit Sobat. Berikut adalah 7 kebiasaan yang memiliki kontribusi besar terhadap penuaan kulit:
Asap rokok: Apakah Sobat merokok, atau Sobat menghabiskan waktu dengan perokok? Asap rokok akan merusak dan menimbulkan penuaan dini terhadap kulit Sobat. Penelitian menunjukkan bahwa menghisap rokok akan secara signifikan membuat kulit keriput dan kering. Pasalnya, merokok dan asap rokok akan menghabiskan kandungan Vitamin C  yang merupakan nutrisi utama untuk menjaga kulit tetap lembab. Beberapa peneliti percaya bahwa asap rokok (baik Sobat merokok atau tidak) mampu merusak kulit seperti layaknya terpanggang sinar ultraviolet dari matahari.
Sinar matahari: Terlalu sering terjemur sinar matahari akan menyebabkan penuaan pada kulit. Kulit yang tidak terlindungi dengan baik saat terkena sinar matahari akan mudah timbul bintik hitam/flek. Bintik hitam ini awalnya berwarna coklat, semakin lama sering terpapar matahari maka warnanya akan semakin gelap, perubahan penampilan kulit, kering kasar, dan keriput serta kendur. Risiko kanker kulit juga meningkat secara signifikan. Kabar baiknya, kerusakan akibat sinar matahari dapat dihindari jika Sobat mulai dari sekarang. Sobat juga dapat memperbaiki kondisi kulit yang rusak akibat matahari.
·         Temui konsultan kesehatan dan kecantikan kulit Sobat untuk menilai kerusakan kulit Sobat, dan temukan kemungkinan terserang kanker kulit. Mereka mungkin dapat memberikan saran yang tepat yang dapat membantu untuk mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari.
·         Jika Sobat ingin menghindari penuaan kulit tetapi tidak ingin menghindari matahari, pastikan Sobat menggunakan tabir surya yang mampu melindungi kulit terhadap UVA dan sinar UVB. Pilih tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi dan gunakan setiap hari.
Kurang olahraga: Olahraga akan membantu meregangkan otot dan memperlancar peredaran darah. Karenanya, olahraga harus menjadi bagian penting dari setiap program perawatan kulit anti-penuaan.
Selain manfaat fisik dari olahraga, fungsi dari program latihan secara rutin akan tampak pada wajah Sobat. Selalu tersenyum cerah dengan banyak energi akan membantu Sobat terlihat dan merasa lebih muda.
Cuaca dingin: Angin dingin dan suhu rendah menyebabkan penuaan kulit dengan cara membuat kulit menjadi kering. Jadi, jika Sobat berada pada suhu dingin, pastikan menggunakan pelembab yang baik.
Jangan lupa untuk menggunakan pelembab saat berada dalam ruangan berpendingin udara. Pertimbangkan untuk menggunakan humidifier (alat pelembab udara) untuk menjaga kulit Sobat tetap nyaman dan mengurangi efek penuaan pada kulit.
Alkohol: Alkohol memberikan kontribusi besar terhadap penuaan kulit dengan cara melebarkan pembuluh darah kecil di kulit dan meningkatkan aliran darah di permukaan kulit. Seiring waktu, pembuluh darah dapat menjadi rusak secara permanen, menciptakan kesan merah pada permukaan kulit.
Stres: Mungkin Sobat pernah mendengar ungkapan: “Jangan cemberut, wajah Sobat bisa tetap seperti itu.” Stres dapat menyebabkan kening mengerut, dan makin lama otot-otot di wajah akan membentuk garis kerutan. Untuk membantu mengurangi penuaan kulit akibat stres, Sobat harus menyadari tingkat stres dan mencoba untuk mengekspresikan wajah bervariasi sepanjang hari. Sebuah program perawatan kulit anti aging harus mencakup meditasi, yoga, olahraga ringan atau teknik relaksasi lainnya. Pantau terus tingkat stres untuk meminimalisir kerutan dan penuaan kulit agar Sobat terlihat dan merasa lebih muda.
Kurang tidur: Tidur terlalu sedikit akan membuat Sobat terlihat dan merasa lelah. Salah satu bagian tubuh yang akan menunjukkan kalau Sobat kurang tidur adalah wajah, dengan lingkaran hitam di bawah mata, dan kulit kendur. Kurang tidur juga merupakan faktor utama yang membuat orang mudah lupa dan akan mengalami gejala depresi. Penelitian telah menunjukkan bahwa kebanyakan orang dewasa akan mendapatkan fungsi terbaik dengan cara  tidur 8-9 jam setiap malam. Kurangi kafein di siang hari (dengan tidak sama sekali pada sore dan malam hari), menghindari makan minimal 2 jam sebelum tidur, dan tidur dengan kualitas yang cukup. Jika Sobat mengalami kesulitan tidur, karena alasan apapun, penting untuk berkonsultasi dengan konsultan kesehatan Sobat.