Tips Konsentrasi Belajar

0



Ada kalanya waktu kita belajar, kita tidak bisa fokus atau konsentrasi pada pelajaran, bisa jadi disebabkan oleh teman atau suasana hati kita yang tidak mendukung sehingga membuat konsentrasi buyar. Gak mau kan kalo kamu gak konsen belajar akibatnya fatal dan bisa jadi nilai kamu anjlok,  kudu lebih ekstra giat belajarnya. Kamu pengen kan jadi bintang kelas di sekolahmu, pasti bangga banget deh rasanya. Nah, ada tips khusus nih  :





  1. Hilangkan beban dan tugas-tugas
Kalau kamu punya beban pekerjaan rumah seperti menjemput adik pulang sekolah, atau mengembalikan barang yang kamu pinjam dari teman sebaiknya diselesaikan dulu agar tidak kepikiran pada saat kegiatan belajar berlangsung
  1. Siapkan Stamina yang fit
Sebelum belajar, usahakan kurangi aktivitas yang menguras tenaga seperti olahraga berat, main seharian, atau hang out bareng teman di mal karena kalau sudah capek pasti jadi mudah mengantuk saat belajar. Usahakan kamu punya waktu untuk tidur siang yang cukup agar tetap fresh di malam hari.
  1. Pikirkan Tujuan kamu belajar
Agar kamu tambah semangat dalam belajar, pikirkan tujuan yang akan kamu capai dengan usahamu belajar dengan giat. Kamu bakalan bisa jadi sukses, dengan kepintaran kamu bisa masuk ke universitas ternama, lulus dengan predikat Cum laude dan gampang cari kerja deh. Siapa sih yang tidak bangga dengan prestasimu, pastinya Orang tuamu bangga banget punya anak yang sukses nantinya.
  1. Buat target yang hendak dicapai
Belajarlah dengan target, tetapkan berapa jumlah halaman yang akan dibaca dan tetapkan juga berapa lama waktu yang kamu luangkan untuk belajar.
  1. Buat Posisi Belajar yang tepat
Tidak baik kalau belajar pada posisi tiduran, karena selain bisa merusak mata juga bisa menyebabkan kamu jadi ketiduran. Belajarlah dengan posisi duduk di meja belajar dan jangan belajar sambil nonton Tv, video game atau main komputer.
  1. Cari tempat yang cozy
Biasanya tempat yang nyaman akan mendukung kita untuk bisa menghapal pelajaran dengan cepat. Hindari tempat yang hingar bingar karena bisa menghilangkan konsentrasi belajar. Menyendiri di kamar adalah salah satu cara yang tepat, karena jauh dari gangguan dan suara sehingga pelajaran bisa cepet kamu ingat
  1. Istirahat sejenak untuk merilekskan pikiran
Belajar gak perlu terlalu dipaksakan, karena otak bila diajak bekerja terus bisa membuat kamu pusing dan efek lainnya badan kamu bisa jadi lemas. Pelajaran yang sudah dihapal juga bisa hilang dari memori otak.
  1. Buat Strategi Menghapal yang baik
Untuk para Belia Gurlz yang punya kesulitan untuk menghapal dengan cepat, sebaiknya kamu membuat catatan - catatan kecil, catat hal penting yang bisa kamu ingat dan mudah dimengerti. Catatan ini bisa kamu bawa kemana mana dan bisa kamu baca kembali untuk membantu mengingat jika ada yang lupa. Cara lain, kamu juga bisa merekan suara kamu saat membaca materi pelajaran untuk didengar kembali.
  1. Lupakan sejenak masalah Cinta dan Pacar
Gak mau kan kalau masalah percintaan bisa membuat masa depan kamu jadi berantakan. Buat komitmen dengan pacar kamu agar saling mendukung dalam pelajaran.
Semoga tips diatas bermanfaat. sumber