ORIENTASI STUDY DAN PENGENALAN KAMPUS

0




Memasuki tahun ajaran baru, mmm… pasti hampir dari sebagian besar orang sedang sibuk mempersiapkan segala perlengkapan memasuki tahun ajaran baru. Ada yang beli buku baru, tas baru, dan serba baru, apalagi buat wargi yang baru masuk kelingkungan baru. Seperti baru masuk SMA atau Kuliah, wah pasti lagi mempersiapkan perlengkapan untuk ospek. Yup.. ospek suatu kegiatan yang tampaknya selalu ada setiap memasuki lingkungan pendidikan baru, di setiap kegiatan ospek pasti ada aja, pengalaman yang selalu wargi ingat. Kira kira, Pengalaman ospek wargi yang paling berkesan apa ya ???

hal yang sering dilakukan pada saat ospek, itu bermacam, ada pengenalan kampus dan juga permainan permainan, dan inilah macam macam kegiatan yang biasa nya dilaksanakan waktu ospek:

·         Pengenalan kampus
Namanya juga Ospek ( orientasi studi dan pengenalan kampus ). Setiap ospek salah satu pihak kampus biasanya memberikan penjelasan mengenai Visi dan Misi kampus. Lalu fasilitas kampus dan juga ekstrakulikuler atau UKM dari kampus.
·         Permainan kekompakan.
Biasanya ketika dalam masa ospek, kita selalu di bentuk kelompok, nah biasanya dalam kelompok itu selalu di adu dalam setiap permainan, disini akan di uji sejauh mana kekompakan kita dalam bekerja team.
·         kebersamaan
Dan dalam ospek, kebersamaan selalu disinggung. Saling menolong jika ada kesulitan. Biasanya di dalam ospek selalu ada tugas yang memebingungkan, nah disini tugas teman teman kelompok yang ikut membantu. Jika si A membawa ini, semua sekelompok di sama ratakan tidak ada yang berbeda.
·         Meberikan wawasan
Berikan wawasan kepada siswa atau mahasiswa baru, contohnya jika memasuki fakultas jurnalistik, beri wawasan mengenai kerja di dunia jurnalistik.
·         Outbond
Outbond biasanya di laksanakan di akhir acara ospek, disini yang menjadi seru dalam ospek, karena puncak dari penderitaan ospek.  Banyak sekali permainan yang di laksanakan pada saat outbond, disini kita sering di tuntut ke setiakawanan nya.

·         Jurid malam
Biasanya acara ini hanya untuk seru seruan semata. Menguji nyali kita sampai mana. Biasanya permainannya dengan memperlihatkan penampakan hantu.

Adapun Kegiatan ospek yang tidak di anjurkan
  • Kekerasan fisik
Haduh untuk apa ya ada kekerasan, kita tujuan sekolah kan untuk mencari ilmu. Bukan untuk menjadi preman. Okelah kalau dalam dunia militer, masih bisa di maklumi, tapi untuk dunia non militer, rasanya tidak perlu ya..

Pada intinya, di dalam kegiatan ospek selain memperkenalkan lingkungan kampus, didalam ospek juga, kita di bentuk kekompakannya antara siswa baru yang pada intinya agar saling mengenal satu sama lain. Dan untuk ospek yang menggunakan kekerasan fisik, itu sangat tidak di anjurkan. Script ini di buat hanya untuk saling bercerita tentang pengalaman ospek, karena hampir rata rata kegiatan ini dialami oleh sebagian besar pendidikan di Indonesia.