Enak habis Olahraga

0



Klo hari minggu  atau hari libur, biasanya nih buat orang yang rajin atau yang peduli ma kesehatannya, olah raga adalah kegiatan yang tampaknya wajib buat orang yang peduli akan kesehatannya. Memanfaatkan waktu untuk berolah raga di waktu luang itu bagus sekali, biar olah raga wargi menghasilkan sesuatu yang memuaskan, nih ada beberapa hal yang kudu wargi perhatikan
  • Susu Coklat Baik Dikonsumsi Sehabis Olahraga
London (ANTARA News) - Setelah berolahraga biasanya orang mengonsumsi minuman olahraga isotonik. Tetapi, dua penelitian baru dari University of Texas di Austin menunjukkan bahwa susu coklat ideal untuk dikonsumsi setelah berolahraga. "Para atlet serius dan amatir dengan cara yang sama menikmati manfaat pemulihan fisik saat mereka minum susu coklat setelah berolahraga penuh semangat," kata pemimpin penelitian Dr John Ivy.  Mereka meminta 10 pengendara sepeda terlatih untuk berkendara selama 90 menit dalam intensitas sedang, kemudian selama 10 menit dalam jeda intensitas tinggi. Para ilmuwan menemukan bahwa para atlet memliki lebih banyak tenaga dan berkendara lebih cepat (mengurangi waktu berkendara mereka rata-rata enam menit) saat mereka mengonsumsi susu coklat rendah lemak daripada minuman olahraga berkarbohidrat atau minuman bebas kalori. Tim itu juga menguji 32 pengendara sepeda amatir pria dan wanita, menempatkan mereka melalui sesi putaran kuat dalam satu minggu diikuti oleh satu dari tiga minuman. Mereka menemukan setelah jam dan setengah minggu pengonsumsi susu coklat meningakatkan serapan oksigen maksimal dua kali lipat dibandingkan dengan yang lain. "Kami belum benar-benar paham apa mekanisme yang menyababkan susu coklat rendah lemak untuk memberi manfaat ini pada para atlet, yang akan melakukan lebih banyak penelitian," kata Dr Ivy. "Tetapi, ada sesuatu dalam protein yang muncul secara alami dan campuran karbohidrat yang menawarkan manfaat penting lain. Dr Ivy menambahkan bahwa pemulihan selama tiga menit setelah olahraga, bagi orang-orang dalam segala tingkat kebugaran, sepenting suplemen nutrisi.Penelitian itu dipublikasikan dalam "Journal of Strenght and COnditioning Research." (ENY)
  • 10 Camilan Setelah Olahraga
    • JAKARTA, KOMPAS.com - Tahukah Wargi, selama latihan beban, Wargi menggunakan simpanan glikogen di otot untuk memberi energi saat olahraga?(( Info : Glikogen merupakan bentuk simpanan karbohidrat yang utama di dalam tubuh hewan dan analog dengan pati di dalam tumbuhan))
Simpanan glikogen itu harus diisi lagi untuk pemulihan otot yang mak simal dan juga untuk pertumbuhan dan perbaikan otot. Untuk itu, Wargi membutuhkan karbohidrat dan protein.
Meski begitu,
ingatlah bahwa terlalu banyak protein bisa menyebabkan dehidrasi karena ginjal membutuhkan lebih banyak air untuk membuang muatan nitrogen ekstra dari protein. Sementara itu, protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan karbohidrat. Pemulihan otot pun jadi lebih lama.
Berikut ini 10 camilan yang ideal dimakan sesudah olahraga:
1.    Susu rendah lemak. Bukan hanya kaya protein dan karbohidrat, susu juga kaya air yang membantu menggantikan cairan yang hilang karena keringat.
2.    Yoghurt.
3.    Roti bagel dengan irisan ayam tanpa kulit plus sayuran dan mustard.
4.    Salad tuna dengan mayo tanpa lemak.
5.    Shake pisang dicampur dengan jus jeruk dan yoghurt vanila.
6.    Keju cottage non fat.
7.    Susu kedelai.
8.    Kracker rendah lemak.
9.    Sup kacang merah dan sayuran.
10.    Buah-buahan kering.